Fashion, Featured, Lifestyle, Tips & Artikel

Tips Cara Berpakaian Kerja

June 19, 2015

Tips cara berpakaian untuk kerja tentunya wajib diketahui oleh anda yang sedang ingin melamar pekerjaan atau baru pertama kali masuk kerja. Pada zaman sekarang, yang namanya bekerja, khususnya di suatu instansi perkantoran, tak hanya cerdas saja yang dinomorsatukan, tetapi pekerja yang berpenampilan menarikpun juga dibutuhkan. Makanya, jika anda ingin termasuk dalam daftar criteria pekerja zaman sekarang, gaya berpakaian saat bekerja juga mesti anda perhatikan dengan seksama. Informasi selengkapnya, berikut ini.

Gaya Pakaian Saat Bekerja

Penampilan menarik adalah salah satu kriteria yang mesti ada ketika anda ingin melamar kerja. Baik pria ataupun wanita memang dituntut untuk bisa berpakaian yang rapi dan sedap dipandang mata. Namun, gaya berpakaian saat bekerja juga harus anda sesuaikan dengan bidang pekerjaan yang anda geluti karena baju kerja biasanya akan menyesuaikan dengan bidangnya. Untuk anda pria dan wanita yang bekerja di sebuah instansi seperti bank, baju kerja yang cocok untuk anda adalah baju kerja dengan setelan blazer atau memadukan celana kain, blazer dan kemeja dan usahakan pakaian tersebut berwarna senada.

Sedikit berbeda dengan para pekerja yang menggeluti bidang yang berhubungan dengan media. Gaya berpakaian kerjanya terlihat lebih casual tetapi masih memberikan kesan resmi. Tips cara berpakaian untuk kerja yang sesuai dengan bidang yang dimaksud adalah celana kain, kemeja atau blazer. Hanya saja, anda bisa menerapkan warna yang berbeda tetapi tetap selaras saat mata memandangnya. Andapun juga bisa mempercantik busana anda dengan aksesoris, seperti kalung, gelang, atau scarf. Aksesoris lain yang bisa anda pakai tetapi tetap ingin memberikan kesan formal adalah kacamata. Kacamata kerja biasanya adalah model kacamata yang tidak neko neko dan ukurannya juga kecil, seperti kacamata dengan model Sajawa yang berbentuk persegi mungil.

Sajawa of Wakatobi Eyewear

Sajawa of Wakatobi Eyewear

Jika tadi anda sudah mengetahui model baju kerja yang sesuai dengan bidangnya. Ada hal lain yang mesti anda perhatikan, yaitu menyesuaikan warna baju. Ketika anda bekerja, usahakan anda memilih baju yang warnanya tidak mencolok karena warna baju kerja yang mencolok akan memperlihatkan karakter anda yang terlalu pemberani. Boleh saja memadupadanankan warna saat memakai baju kerja, tetapi warna yang dipadukan adalah warna yang netral, seperti abu-abu, putih atau hitam. Bosan dengan warna tersebut, anda bisa memberanikan diri dengan memakai pakaian kerja yang warnanya soft.

Jangan terlalu ketat dan seksi. Mungkin sebagian wanita ingin memperlihatkan lekuk tubuhnya saat wawancara kerja agar si bosnya tertarik untuk merekrutnya sebagai pekerja barunya. Namun, anda salah besar ketika anda memakai baju yang seperti itu saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang bonafide. Cara berpakaian kerja yang benar adalah menghindari baju yang ukurannya terlalu ketat atau terlalu pendek. Jadi, usahakan hindari memakai rok mini dan baju yang menerawang agar kesan professional tetap bisa anda dapatkan.

Selain itu, andapun juga harus memperlihatkan alas kaki yang anda pakai. Alas kaki atau sepatu adalah salah satu hal yang mesti anda perhatikan saat wawancara kerja.

Untuk para pria, sepatu yang cocok untuk anda bekerja adalah sepatu dengan model pantofel dan jangan lupa untuk menyemirnya supaya sepatu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata. Pilihlah sepatu dengan warna yang gelap, seperti hitam atau coklat. Untuk wanita, usahakan mereka mengenakan sepatu yang ada heelnya, tetapi heelnya jangan terlalu tinggi. Jika anda ingin memakai kaos kaki, pilihlah kaos kaki dengan warna yang netral, seperti putih, hitam, dan coklat. Semoga informasi tentang tips cara berpakaian untuk kerja di atas bermanfaat bagi para pembaca.

workwear looks collage 2

Tips Wakatobi: Tips cara berpakaian untuk kerja salah satunya adalah mengenakan aksesoris kacamata dengan model Sajawa agar kesan resmi bisa tetap anda suguhkan.

*Untuk Tips berpakaian vintage bisa dilihat disini.

You Might Also Like